Tuesday, December 25, 2012

"Setahun"


Kemarin, ketika berada dalam kemacetan sebuah trayek mobil Solo-Yogya atas nama pulang dari kondangan sahabat tercinta, kami berhasil merumuskan  beberapa akhitvitas untuk tahun baru. Memang tak ada yang spesial dari tahun baru, kecuali karena ketidakspesialannya tersebutlah aku kemudian membincangkannya, bahkan menulis post ini. Bagiku pola tahun hanyalah sebuah konstruksi - digunakan untuk mempermudah perhitungan. Setelahnya detik masih berlanjut, bumi terus berputar mengelilingi matahari dan juga berotasi di tempatnya. Karena revolusinya terhadap matahari, karena tiga ratus enam puluh lima seper-empat harinya tersebut, posisi matahari di bagian-bagian bumi tertentu memberi dampak tertentu. Seasons are changing and waves are crashing and stars are falling all for us (The Red Jumpsuit Apparatus - Guardian Angel). Kecuali alasan ilmiah ini, bagiku tahun baru tidak ada spesial-spesialnya. Atau sebenarnya ada? Ya, mungkin ada juga sih..

Yang lucu kan bagaimana orang-orang bisa begitu bahagia ketika tahun baru. Ada banyak kembang api, pesta, dan sebagainya. Seakan rutinitas setahun dilepas, dan bersiap untuk menghadapi tantangan tahun depan yang tak terduga. Hahaha. Ya itu lho, lucu kan? Kelihatan tidak sisi lucunya? Sebuah sistem telah menyergap mereka dalam kungkungan rutinitas, dan negara memberi satu tanggal merah untuk rehat sejenak, setelah itu yuk, cus lagi.. Sebenarnya yang lucu ini siapa? Yang mbikin kita jadi cyborg atau kita yang sudah cyborg?

Nah, dari situ aku kemudian nyeletuk sesuatu dalam mobil. "2013 ya.. sudah tidak 2012 lagi..". Lalu kami berbicang dan merumuskan betapa lucunya kata "setahun", karena beda menit saja sudah beda angka jadi 2013. Lalu karenanya kita melantur tentang aktivitas "setahun" yang mungkin dilakukan. Diantaranya:
1. Tidur setahun - yang biasa kulakukan
2. Membaca setahun - aw, sepertinya keren
3. Menulis setahun - iw, ini lebih keren!
4. Di kamar mandi setahun - istilah yang sudah biasa muncul sebagai konotatif, namun bagus bila direalisasikan
5. Jongkok setahun - tawa pun berderai, lalu muncul yang lebih lagi:
6. Ngupil setahun - (pokerface)
7. Naik gunung setahun - zzz, di musim seperti ini? NO!
8. Makan setahun - well, ini juga istilah konotatif, tapi seru juga bila didenotasikan ya?
9. Mantengin TV setahun - udah biasa beud
10. Berpikir setahun - jadi inget Descartes, "aku berpikir setahun maka aku ada", hakakak
11. Masak setahun
12. Menggambar setahun
13. On line setahun
14. Nyetir setahun
15. Berjalan setahun
16. ............................. - apa lagi ya??

Ya, pasti banyak lagi. Yang paling gak penting adalah bayanganku yang tiba-tiba muncul: ML setahun, soalnya tiba-tiba kepikiran seorang temanku yang jago begituan, hahaha. Bisa jadi hal-hal yang udah kusebutkan tadi memang dilakukan untuk mendapatkan predikat "setahun", terlebih bagi mereka yang selama setahun ini dikungkung dalam sistem yang itu-itu mulu. Ya sudahlah, biarkan saja mereka itu tetap dalam candu ekstasi kehidupan, atau dalam perspektif lain: biarkan sajalah kita (dalam hal ini aku dan yang serupa denganku), tetap terbuai dalam candu keilmuan. Tak ada bedanya, karna hidup adalah candu. Dan lebih dari itu, di benakku terlintas satu lagi aktivitas yang bagus untuk predikat "setahun": `setahun memikirkan aktivitas yang bagus untuk dapat predikat "setahun"`. Hahahaha!

*ditulis dalam kegejean yang sangat di sebuah pagi di rumah yang hangat dengan kuota internet yang keparat*

No comments:

Post a Comment

enter what comes into your head.. -_-b